Alasan Seragam Satpam Berubah Tahun 2022

Diposting pada

tanjunglegend-Salam hangat untuk kita semua, terimakasih masih percaya dengan media informasi terpercaya masyarakat indonesia. Kini kami akan membahas mengenai Alasan Seragam Satpam Berubah Tahun 2022.

Satuan pengaman (Satpam) mempunyai seragam baru. Ada perubahan pada baju yang awalnya berwarna putih berubah menjadi krem.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan pergantian pada warna baju satpam setelah mendengar masukan dan saran dari masyarakat.

Agar masyarakat tidak bingung dan tentu ini sebagai identitas satpam sendiri, yang harus dibedakan merupakan kebanggaan daripada profesi satpam sehingga seragamnya harus berbeda antara polri sebagai pembina dan satpam sebagai anggota yang dibina.

Menurut ramadhan menerangkan, seragam satpam berubah warna berubah warna dari coklat muda ke warna krem. Itupun hanya pada bagian baju sementara field cap, tali pinggang tidak ada yang berubah.

Mengapa Baju Satpam Warna Krem

Kepala biro penerangan masyarakat (Karo Penmas) Divisi humas polri brigjen ahmad ramadhan mengatakan, proses penentuan warna krem diputuskan setelah melakukan pertemuan antara asosiasi badan usaha jasa pengamanan indonesia (Abujapi) dan korbinmas polri.

Ramadhan menyampaikan, dalam pemilihan warna krem pada seragam satpam dilakukan untuk menciptakan keharmonisan antara polri dan satpam dalam menjaga keamanan.

Untuk menjaga moril dan pisikologis satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas agar tercipta hubungan kerja sama harmonis.

Kapan Seragam Satpam Mulai Berganti Warna Krem?

Adapun penegenalan seragam baru satpam tersebut dilakukan dalam pelaksanaan upacara HUT ke-41 satpam dilapangan bhayangkara mabes polri, jakarta pada selasa (2/2/2022) kemarin.

Terlihat para petugas satpam yang mengikuti upacara tersebut mengenakan seragam baru, satpam dengan celana berwarna krem.

Satpam senantiasa profesional dan kehadiranya dirasakan masyarakat, kata kapolri jendral listyo sigit prabowo dalam sambutan upacara tersebut,

Sejarah Baju Satpam Dari Masa Ke Masa

Satpam dibentuk pada 30 desember 1980 oleh jenderal polisi awaloedin djamin. Pembentukan satpam dikukuhkan melalui surat kepolisisan SKEP/126/XII/1980.

Satpam dibentuk karena situasi keamanan pada saat itu, serta kurangnya jumlah anggota kepolisian berbanding jumlah penduduk.

Pembentukan satpam berawal dari dibentuknya pam swakarsa. Anggota kepolisian selanjutnya menggandeng warga sipil yang bertugas untuk membantu menjaga keamanan.

Kesimpulan

Awal mula baju satpam dibuat pada 30 desember 1980 dengan warna putih, baju yang kedua berwarna coklat muda, dan yang sekarang pada tahun 2022 berubah menjadi warna krem.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *