Sosok Siti Latifah Diah Yang Hiasi Google Doodle News

Diposting pada

Tanjunglegend.com- Sosok Siti Latifah Diah Yang Hiasi Google Doodle News. Salam sejahtera untuk kita semua, terimakasih masih menjadikan kami media informasi terpercaya masyarakat indonesia.

Google Doodle hari ini, Minggu (3/4/2022). Menampilkan seorang wanita dengan tiga penampilan berbeda, yakni memakai toga, berkebaya sembari menggenggam koran, serta menulis.

Baca Juga: Heboh !! Ronaldinho Di Datangkan Rans Cilegon FC

Sosok wanita tersebut adalah Siti Latifah Herawati Diah, seorang jurnalis wanita kenamaan Indonesia. Sebagai perayaan 105 tahun hari kelahirannya, Google Doodle mempersembahkan sosoknya dalam balutan gambar yang sesuai dengan sepak terjangnya.

Siti Latifah Herawati Diah lahir di Tanjung Pandan, Kepulauan Bangka Belitung pada 3 April 1917. Ia lahir dari pasangan Raden Latip, seorang dokter yang bekerja di pertambangan timah Billiton Maatschappij dan Siti Alimah. Semasa hidupnya, ia berkesempatan mengenyam pendidikan di Europeesche Lagere School (ELS) Salemba, Jakarta dan American High School di Tokyo, Jepang.

Lepas dari American High School Tokyo, Herawati ingin melanjutkan pendidikan di Belanda. Sayang, ayahnya melarang lantaran Belanda adalah negeri penjajah. Atas dorongan ibunya, ia pun merantau ke Amerika untuk mempelajari sosiologi di Universitas Columbia, New York.

Siti Latifah Herawati Diah

Siapakah Siti Latifah Herawati Diah? Inilah profil lengkap sosok wanita yang tampil di Google Doodle hari ini, tepatnya pada Minggu, 3 April 2022.

Siti Latifah Herawati Diah ternyata adalah istri dari tokoh petinggi di Indonesia, yaitu istri dari mantan Menteri Penerangan RI periode 1966 hingga 1968, yaitu BM Diah.

Baca Juga: Bersih-bersih, 60 Warga Tanjung Priok Ikuti Program Padat Karya

Latifah Herawati Diah adalah seorang wartawan perempuan pertama di Republik Indonesia sekaligus merupakan tokoh pers Indonesia.

Sosoknya tampil di laman pertama Google dan menjadi Google Doodle pada 3 April 2022 untuk memperingati hari lahir tokoh pers wanita tersebut.

Siti Latifah Herawati Diah, lahir pada 3 April 1917 di Tanjung Pandan, Belitung, Indonesia dari pasangan Raden Latip dan Siti Alimah. Ibunya pernah berpesan kepada dirinya bahwa ‘tanpa melepas pendidikan agama Islam, ibunya mendorong anak-anaknya untuk merangkul gaya hidup barat dengan tujuan untuk mengimbangi kaum penjajah Belanda.

Herawati Diah

Siti latifah herawati diah sosok tokoh pers nasional sekaligus pelaku sejarah Siti Latifah Herawati Diah menghiasi halaman utama raksasa pencarian Google dalam Google Doodle hari ini Minggu (3/4/2022).

Baca Juga: Tutorial Membuat Font Emoji Centang Biru di TikTok

Kemunculan ilustrasi Herawati sebagai Google Doodle hari ini yang bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-105 sebagai sang jurnalis wanita. Ia lahir di Tanjung Pandan Belitung pada 3 April 1917 dan meninggal di Jakarta pada 30 September 2016.

Melalui ilustrasi Google Doodle, Siti latifah herawati di gambarkan sebagai seorang sosok akademisi, wanita yang berkarir, sekaligus wanita yang masih produktif di masa senjanya. Karena bisa di bilang, Google mengemas biografinya dalam satu bingkai ilustrasi doodle kali ini.

Herawati adalah wanita pribumi pertama lulusan universitas Amerika Serikat (AS) pada 1939. Sebelum pergi ke AS Herawati terlebih dahulu menempuh pendidikan di Europeesche Lagere School (ELS) di Salemba, Jakarta dan American High School di Tokyo, Jepang.

Kemudian ia berangkat ke Negeri Paman Sam untuk menempuh pendidikan sosiologi di Barnard College yang berafiliasi dengan Universitas Columbia, New York. Pada musim panas, Siti latifah herawati menempuh pendidikan jurnalistik di Universitas Berkeley, California.

Siti Latifah Herawati Diah Agama

Baik di bidang sosiologi dan jurnalistik adalah dua bidang studi yang jarang di pilih oleh wanita kala itu. Namun, Herawati berhasil menyelesaikannya dengan gemilang. Di tahun 1941 ia lulus dari studinya dan menjadi wanita pertama di Indonesia yang merupakan lulusan luar negeri ini.

Siti Latifah Herawati Diah adalah anak ketiga dari pasangan Siti Alimah binti Djojodikromo dan Raden Latip. Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) mencatat Siti Alimah, ibunda Herawati ialah keturunan seorang bangsawan (priyayi).

Anak-anaknya sangat di tekankankan dengan pendidikan agama Islam dan tradisi Indonesia, namun perlu merangkul gaya hidup Barat. Ini di lakukan agar mereka nantinya mampu mengimbangi intelektual para penjajah.

Baca Juga: Jarang Di Ketahui, Ini Manfaat Kolang-kaling Bagi Tubuh

Karena sang ibu juga yang memutuskan siti latifah herawati diah harus lanjut bersekolah ke AS sebagai negara yang tidak punya jajahan seperti Belanda, Jerman, atau Inggris.

Meskipun bekerja sebagai ibu rumah tangga, sang ibunda selalu di kenal kreatif. Ia bahkan sempat mendirikan majalah “Doenia Kita” yang merupakan satu-satunya majalah wanita kala itu. Ada beberapa kata kunci terkait isi artikel ini, yaitu sebagai berikut:

  • siti latifah herawati diah anak
  • siti latifah herawati diah
  • Profil Siti Latifah Herawati Diah Tokoh Jurnalis Wanita Indonesia
  • Herawati Wanita Pribumi Pertama Lulusan Amerika Serikat
  • Latifah Herawati Yang Lahir Di Lingkungan Elite Pribumi

Akhir Kata

Demikian Informasi terkait kata kunci di atas, mengenai Sosok Siti Latifah Diah Yang Hiasi Google Doodle News. Terimakasih buat kalian yang sudah membaca artikel ini dari awal sampai akhir, semoga banyak hal positip yang bisa di ambi. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa kunjungi situs resmi kami di www.tanjunglegend.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *