Panorama Pantai Karang Hawu Cisolok-Sukabumi 2022

Diposting pada

Tanjunglegend.com Panorama Pantai Karang Hawu Cisolok-Sukabumi 2022. Berikut ini salah satu wisata populer Krang Hawu. Berada di kawasan Cisolok, Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Pantai Karang Hawu, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (10/02/2022).

Momen ini turut di abadikannya melalui akun Instagram @ridwankamil. Dalam keterangan foto, Emil, sapaan akrab Ridwan Kami, mengungkapkan bahwa peresmian itu merupakan syarat dari UNESCO yang telah memberi gelar UNESCO Geopark untuk kawasan Ciletuh, Sukabumi.

Selain Pantai Karang Hawu, mantan Wali Kota Bandung itu juga meresmikan destinasi wisata Curug Sodong. Di kutip dari salah satu media terpercaya, Emil meyakini keduanya mampu berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

Ia berharap, dengan di bangunya wisata pantai karang hawu, keduanya bisa membawa Kabupaten Sukabumi di kenal lebih luas, bahkan pada skala internasional.

Keindahan Wisata Sukabumi

Semoga ekonomi makin maju, pariwisata makin maju, Covid makin surut, dan Kabupaten Sukabumi Insyaallah jadi destinasi wisata alam terbaik, terbesar, dan go international,” ungkap Emil dalam acara peresmian, seperti di kutip dari berbagai sumber media terpercaya, Minggu (13/02/2022).

Pantai Karang Hawu yang terletak di daerah Sukabumi Jawa Barat ini memiliki keindahan khas panorama alam yang unik dan eksotis.

Pantai ini menjadi salah satu pantai yang terkenal di daerah Sukabumi dengan keindahan khas tebing yang menjorok ke laut. Selain itu pantai ini memiliki cerita mistis yang telah terkenal dan di akui oleh warga sekitar.

Jika anda datang dan berlibur ke lokasi ini, anda akan di suguhkan pemandangan yang indah, berupa hamparan pasir yang lembut dengan warna kecoklatan, udara yang sejuk serta deburan ombak besar yang menghantam tebing semakin menambah pesona keindahan Pantai Karang Hawu ini.

Pantai yang dikenal dengan sebutan “pantai Nyi Roro Kidul” ini diresmikan setelah di lakukan revitalisasi terhadap sarana dan prasarananya. Anggaran revitalisasi menggunakan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 senilai Rp 7,75 miliar. “Dengan fasilitas seperti ini Insyaallah nongkrong lebih lama, lapar lebih banyak belanja lebih besar,” ucapnya.

Pantai cantik untuk berfoto Instagramble

Mengutip Tribun Travel, Pantai Karang Hawu menjadi idaman baru bagi para wisatawan yang datang, termasuk wisatawan yang datang dari luar daerah.

Pantai ini memiliki sejumlah spot foto kekinian dan Instagramable yang membuat para pengunjungnya semakin betah berlama-lama di sana.

Salah satu fasilitas yang menjadi incaran adalah tulisan “Karanghawu Beach” yang berdiri di depan lautan lepas Samudra Hindia.

Dengan begitu, orang yang berfoto di depan tulisan tersebut bisa mengikutsertakan panorama laut indah sebagai latar belakang foto.

Sejak dibuka setelah masa revitalisasi, pengunjung kerap memadati tulisan tersebut, baik pada pagi, siang, sore, bahkan malam hari.

Keindahan Pantai Karang Hawu

Pada malam hari, lampu yang di pasang untuk menerangi huruf-huruf tersebut dan membuatnya semakin indah di kawasan pantai karang hawu.

Selain itu, di seberang jalan. Terdapat sejumlah gazebo bertingkat yang dapat di gunakan pengunjung berswafoto dari ketinggian. Bangunan yang di beri nama Mezzanin Gazebo itu berjajar rapi dekat area parkir yang cukup luas.

Tak hanya tulisan Karanghawu Beach dan gazebo Instagramable yang menarik perhatian pengunjung, tetapi ada pula gerbang dengan desain menyerupai sirip ikan yang berlokasi di sebelah timur kawasan tersebut.

Jika ingin berkunjung ke Pantai Karang Hawu, saat ini tiket masuk ke kawasan ini masih gratis. Namun, pengunjung akan di kenakan biaya parkir jika datang dengan kendaraan dan memarkirkannya di lokasi dengan tukang parkir.

Menurut cerita masyarakat sekitar, pantai ini diberi nama Karang Hawu karena terdapat lubang-lubang pada tebing atau batu karang sehingga akan tampak seperti tungku. “Hawu” yang dalam bahasa sunda berarti tungku. Karena itulah pantai ini dinamai dengan Karang Hawu.

Pesona Wisata Karang Hawu

Selain itu, pantai ini juga terkenal dengan mitosnya yang konon katanya tebing yang menjorok ke laut itu merupakan singgah sana Nyai Roro Kidul sang Penguasa Laut Selatan.

Konon masyarakat sekitar percaya bahwa pantai ini menjadi tempat favorit Sang Penguasa Laut Selatan. Sebagian besar pengunjung percaya dengan mitos tersebut.

Terlihat cukup banyak pengunjung yang mencoba mencari berkah dengan membasuh muka ataupun mandi dengan air yang ada di cekungan batu karang itu. Bahkan pengunjungpun ada yang sengaja memasukkan air tersebut ke dalam botol minum untuk di bawa pulang.

Tak jauh dari bibir pantai ini terdapat dua pegunungan, yaitu Pegunungan Winarum dan Pegunungan Rahayu. Pada puncak Pegunungan Winarum terdapat makan dan petilasan yang dikeramatkan yaitu makan Syeh Hasan Ali.

Syeh Hasan Ali ini merupakan ulama besar dan cukup terkenal di daerah Sukabumi. Selain itu, pada puncak pegunungan ini juga konon pernah dijadikan tempat pertemuan 40 ulama besar untuk merancang strategi penyebaran agama Islam terutama di daerah Sukabumi.

Tempat Ziarah Karang Hawu

Pada puncak Pegunungan Rahayu terdapat pula makam Raden Dikrudatullah dan Raden Cengkal (aliem) yang merupakan tokoh penyebar agama Islam.

Pantai yang luas dengan ciri khas bukit karang yang menjorok ke laut. Di balut dengan hamparan pasir yang luas dan lembut serta berwarna kecoklatan.

Panjang garis pantai ini mencapai 4 kilometer. Apabila anda berada pada puncak bukit, anda dapat menikmati pemandangan Pantai Karang Hawu dengan jelas.

Panorama laut lepas hingga ombak besar yang menghantam batu karang menjadi pemandangan yang sangat indah di sini. Anda juga dapat menyaksikan lubang-lubang yang terbentuk di pantai ini yang sekilas terlihat seperti tungku.

Uniknya lagi di lokasi ini terdapat sebuah jembatan sederhana yang terbuat dari bambu, sehingga anda dapat berjalan melewati aliran air laut menuju ke bagian ujung karang yang satunya.

Wisata Kawasan Karang Hawu

Setelah merasa cukup puas menikmati pemandangan dari atas bukit, anda dapat turun dan menikmati pasir pantai Karang Hawu ini. Berjalan-jalan menyusuri pantai dengan sesekali bermain dengan hantaman ombak.

Atau bahkan duduk-duduk dengan santai sambil menikmati deburan ombak serta menikmati sinar matahari menjadi aktivitas yang menyenang di pantai ini.

Walaupun terlihat jelas ombak di pantai ini cukup besar, namun anda jangan khawatir karena pada sisi yang berpasir ombak yang terbentuk akan semakin mengecil.

Bagia anda yang suka berselancar tidak ada salah untuk mencobanya di lokasi ini. Di kawasan ini pula menyediakan penyewaan surfing.

Pantai ini terletak di Desa Cisolok Kecamatan Cisolok Kbupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini dekat dengan kawasan wisata Pelabuhan Ratu kurang lebih sekitar 16 kilometer dari Pasar Ikan Pelabuhan Ratu.

Fasilitas Pantai Karang Hawu

Fasilitas di pantai karang hawu Terdapat beberapa fasilitas di dalam kawasan wisata pantai ini, seperti :

Hotel atau penginapan

  • Minimarket
  • Warung makan
  • Mushola
  • Tersedia pula tempat parkir yang cukup luas
  • Tempat penyewaan peralatan surfing
  • Kios-kios souvenir

Akses Menuju Lokasi Pantai Karang Hawu

Akses untuk menuju lokasi ini cukuplah mudah karena anda dapat menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Bagi anda yang menggunakan kendaraan umum, anda dapat naik bus atau anggkutan umum dari Terminal Pelabuhan Ratu dengan jarak tempuh kurang lebih 20 menit.

Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat menyesuaikan dengan rute kendaraan umum untuk menuju lokasi ini.

Harga Tiket Masuk
Harga tiket masuk kawasan wisata pantai karang hawu terbilang murah hanya sekitar Rp 2.500,. Apabila ada oknum langsung saja laporan ke petugas atau kontak yang tersedia di kawasan tersebut.

Tips Berlibur di Pantai Karang Hawu

  • Pastikan kondisi kesehatan anda terjaga dengan baik
  • Bawalah kamera yang mendukung perjalanan anda untuk mengabadikan momen-momen indah liburan anda
  • Jangan lupa gunakan sunblock untuk melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari
  • Gunakanlah pakaian yang sesuai
  • Jagalah selalu kelestarian alam
  • Bawalah perbekalan secukupnya

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait Panorama Pantai Karang Hawu Cisolok-Sukabumi 2022. Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa kunjungi situs resmi kami di www.tanjunglegend.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *