Tutorial Bikin Ketupat Menjelang Idul Fitri Terbaru

Diposting pada

Tanjunglegend.comTutorial Bikin Ketupat Menjelang Idul Fitri Terbaru. Tradisi masyarakat indonesia, lebaran tanpa ada ketupat kurang lengkap, kini kami akan menyajikan tutorial bikin ketupat.

Tutotial cara cepat menganyam ketupat untuk santapan saat Hari Raya atau Lebaran. Sebentar lagi, Umat Islam akan merayakan Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 01 Mei 2022.

Berikut Tutorial Cara Membuat Anyaman Ketupat dari Janur

  1. Langkah awal dalam menganyam ketupat lebaran adalah memegang sehelai daun dan buat lingkaran. Ibu jari berada dalam lingkaran menjepit daun yang di bentuk lingkaran. Helai daun yang satunya lagi berada di depan dengan posisi lurus ke bawah. Angkat ke atas ujung helai daun di depan, kemudian sisi tengah daun menempel di samping lingkaran dan di jepit atau di tekan ujung ibu jari.
  2. Selanjutnya, helai daun yang sebelumnya di buat lingkaran pertama, lalu buat pula lingkaran kedua yang melingkari dua helai pangkal yang melekat. Ujung ibu jari di majukan sedikit menekan bagian lingkaran agar tidak lepas.
  3. Langkah selanjutnya helai daun yang sebelumnya di buat lingkaran pertama, lanjutkan dengan membuat kembali lingkaran kedua.

Ketupan Di Bulan Ramadhan

Pikat hati tamu dan kerabat dekatmu dengan sajian Lebaran yang lezat. Simak cara bikin ketupat lebaran enak dan pulen di bawah ini!

Ketupat lebaran, walaupun terlihat sederhana, ternyata memiliki proses pembuatan yang cukup susah.

Untuk membuat ketupat yang sempurna, diperlukan ketelitian dan ketelatenan seseorang dalam memasak dan mempersiapkan bahan.

Kesalahan dalam mengitung takaran bahan atau langkah-langkah pembuatannya dapat berakhir pada ketupat yang keras dan cepat berlendir.

Lendir yang menempel pada ketupat akan membuat menu lebaran ini cepat basi dan otomatis terbuang begitu saja.

Cara Bikin Ketupat

Ingin tahu bagaimana cara bikin ketupat kebaran yang enak dan pulen? Yuk, simak langsung caranya di bawah ini!

  • Bahan-bahan yang Di perlukan
  • Beras sesuai dengan jumlah ketupat yang dibutuhkan.
  • Air matang
  • Garam
  • Daun pandan (2 sampai 3 helai)
  • Bungkus anyaman ketupat (cari yang sudah jadi, atau buat sendiri)
  • Masukan beras ke dalam baskom berukuran sedang dan cuci menggunakan air bersih mengalir.
  • Ganti air pada baskom dan rendam kira-kira 10 sampai 15 menit.
  • Taburkan garam atau bumbu penyedap lalu aduk hingga rata. Diamkan beberapa saat.
  • Setelah bumbu lumayan meresap, buang air rendaman dan tiriskan beras selama beberapa menit.
  • Apabila beras sudah lumayan kering, masukan ke dalam anyaman ketupat bersama potongan daun pandan. Daun pandan akan memberikan rasa gurih dan menciptakan wangi yang mengundang selera!
  • Rebus air sampai setengah mendidih dan masukkan ketupat sampai benar-benar terendam.
  • Tunggu 4 sampai 5 jam sebelum ketupat diangkat.
  • Celupkan ke dalam air dingin selama beberapa menit dan tiriskan dengan cara di gantung.

Ketupat identik sebagai pendamping makanan berkuah santan dan biasa disajikan saat Lebaran, termasuk Idul Adha. Bagi pemula, kamu bisa membeli janur ketupat. Kalau mau, bisa juga menganyam janur ketupat sendiri.

Resep ketupat ini hanya membutuhkan dua bahan utama yaitu selongsong janur ketupat dan beras. Cara membuat ketupat pun mudah, tetapi kamu harus sabar karena lama merebus 4-6 jam.

Sehingga, sebaiknya bikin ketupat sehari sebelum di sajikan. Dalam buku “Hidangan Ketupat Nusantara yang Paling Laku Di jual” (2013) karya Dapur Aliza oleh PT Gramedia Pustaka Utama, membagikan cara membuat ketupat.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, mengenai Tutorial Bikin Ketupat Menjelang Idul Fitri Terbaru. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa kunjungi situs resmi kami langsung di www.tanjunglegend.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *