Penyebab Pasar Gembrong Kebakaran – Jakarta Timur

Diposting pada

Tanjunglegend.comPenyebab Pasar Gembrong Kebakaran – Jakarta Timur. Telah berduka sebagian pedagang masyarakat jakarta timur, yang kemarin telah terjadi kebakaran di pasar gembrong.

Kebakaran hebat terjadi di Pasar Gembrong Jakarta Timur (Jaktim), hingga meng hanguskan ratusan bangunan. Kebakaran itu di duga di picu korsleting.

Telah terjadi Kebakaran di Pasar Gembrong di laporkan terjadi, Minggu (24/4/2022) malam. Sebanyak 26 unit mobil pemadam kebakaran, dengan 130 orang personel. Di kerahkan ke lokasi untuk memadamkan api.

Kasi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman menjelaskan kronologi kebakaran Pasar Gembrong, Jakarta Timur yang terjadi pada Minggu (24/4) malam.

Gatot menjelaskan, api pertama kali muncul diduga akibat hubungan arus pendek listrik dari sebuah rumah berlantai dua. Lantas, petugas menerima laporan kebakaran mulai membesar sekitar pukul 21.06 WIB.

Pasar Gembrong Kebakaran

Meski demikian, warga tak sanggup memadamkan api karena kebakaran makin membesar dan merembet ke bangunan lain. Terlebih lagi, banyak bangunan yang terbuat dari kayu sehingga api mudah merembet cepat.

Api cepat sekali membesar dan merembet ke sekitar karena bangunan sekitar terbuat dr kayu-kayu,” ucapnya.

Korsleting listrik berawal dari rumah ibu Rawinah di lantai dua. Pemilik rumah teriak terjadi kebakaran dan warga berusaha memadamkan api,” kata Gatot.

Berikut kronologi kebakaran tersebut: Pukul 20.00 WIB Petugas menerima laporan kebakaran. Awalnya, ada 14 mobil damkar yang di kerahkan ke lokasi.

ya benar, kami terima berita sekitar pukul 20.00 WIB,” kata Petugas Pos Pemadam Kebakaran Budi ketika di hubungi pukul 21.55 WIB, Minggu (24/4/2022).

kebakaran di pasar gembrong

Ada 14 mobil yang di kerahkan di lokasi,” lanjutnya. Dugaan Pemicu Kasiops Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaiman mengatakan api di duga dari korsleting listrik yang berasal dari rumah salah warga bernama Rawinah.

Korsleting listrik berawal dari rumah Ibu Rawinah di lantai 2,” kata Gatot kepada wartawan, Senin (25/4/2022).

Baca Juga: Link Live Streming & Prediksi Skor City VS Madrid 2022

Gatot mengatakan warga tersebut berteriak meminta pertolongan. Namun, api cepat menyebar karena bangunan sekitar bermaterial kayu.

Pemilik rumah teriak terjadi kebakaran dan warga berusaha memadamkan, api namun api cepat sekali membesar dan merembet ke sekitar karena bangunan sekitar terbuat dari kayu-kayu,” ujarnya.

Kronologi Kebakaran Pasar Gembrong

Pukul 23.00 WIB Api mulai bisa di lokalisir agar tidak menghanguskan bangunan lain. Petugas pemadam kebakaran masih berjibaku memadamkan api.

Senin (25/4), Pukul 01.18 WIB. Petugas pemadam kebakaran menyatakan api sudah padam. Petugas damkar pun melakukan proses pendinginan di lokasi kebakaran Pasar Gembrong tersebut.

Sebanyak 400 bangunan terdampak kebakaran tersebut. Bangunan tersebut mulai dari rumah hingga pertokoan. Bangunan yang hangus itu berada di lima RT.

400 bangunan (rumah&pertokoan) RT 2,3,4,5 dan 6 RW 01,” ujar Kasiops Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaiman, Senin (25/4). 450 KK Terdampak- Kerugian Taksir Rp 1,5 M.

Pemadam Kebakaran mencatat jumlah korban jiwa yakni 450 KK atau sekitar 1.000 jiwa. 450 KK, 1.000 jiwa (di lima RT) terdampak,” kata Gatot.

Kerugian lokasi pasar gembrong

Kebakaran hebat itu menghanguskan 400 bangunan. Kerugian di taksir mencapai Rp 1,5 miliar. 400 bangunan (rumah dan pertokoan) RT 2,3,4,5 dan 6 RW 01, kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp 1,5 miliar” ujar Gatot.

Kebakaran besar itu lantas ditanggulangi dengan menerjunkan 130 personel dan sebanyak 26 unit mobil pemadam kebakaran. Api mulai berhasil di jinakkan dan proses pendinginan sekitar pukul 01.08 WIB. Setelah itu, petugas melakukan penyisiran di lokasi.

Gatot merinci kebakaran Pasar Gembrong, Jakarta Timur telah menghanguskan 400 bangunan. Total luas wilayah yang terbakar mencapai 1.200 meter persegi.

Baca Juga: Kumpulan Link Video Balap Motor Drag Emak Gila

Dalam peristiwa tersebut 450 kepala keluarga atau sekitar 1000 jiwa di lima RT Kelurahan Cipinang Besar Utara terdampak kebakaran itu.

Objek terbakar 400 bangunan rumah dan pertokoan di RT 2,3,4,5, dan 6 RW 01 [Kelurahan Cipinang Besar Utara],” kata Gatot.

kebakaran pasar gembrong jakarta

Kebakaran terjadi di Pasar Gembrong, Kelurahan Cipinang Muara Utara, Jatinegara, Jakarta Timur pada Minggu (25/4/2022) sekitar pukul 21.17 WIB. Kejadian tersebut ramai diperbincangkan warganet Twitter.

Kata “Pasar Gembrong” pun menempati trending dengan 11.000 pembicaraan. Warganet juga banyak membagikan foto dan video terkait kebakaran tersebut.

1000 warga terdampak Kebakaran Pasar Gembrong menyebabkan 400 bangunan hangus terbakar. Kepala Seksi Operasi Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur.

Gatot Sulaeman mengatakan, ratusan bangunan tersebut terdiri dari rumah dan pertokoan. Sementara wilayah yang terdampak berada di RT 002, 003, 004, 005, dan 006 RW 001 Cipinang Besar Utara dengan luas area 1.200 meter persegi. “Yang terdampak 450 keluarga, terdiri dari 1.000 jiwa,” kata Gatot.

Kronologi dan penyebab kebakaran Pasar Gembrong Gatot menjelaskan, kebakaran di Pasar Gembrong diduga bermula dari korsleting listrik di salah satu rumah warga. Saat itu, pemilik rumah sempat berteriak karena adanya api. Warga pun berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Karena bangunan sekitar terbuat dari kayu-kayu, api pun cepat membesar dan merembet ke bangunan sekitar.

Warga bermalam di tenda pengungsian Korban yang terdampak kemudian mengungsi dan bermalam di posko pengungsian. Tercatat ada beberapa tenda berukuran 10×5 meter dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang didirikan berjarak sekitar 200 meter dari lokasi kebakaran. Para korban memasuki tenda itu pada pukul 02.00 WIB.

Api berhasil dipadamkan setelah 5 jam Gatot menuturkan, api akhirnya berhasil di padamkan pada pukul 02.30 WIB setelah lebih dari lima jam. Sekitar 26 unit mobil pemadam kebakaran dengan 130 personel pemadam kebakaran di terjunkan ke lokasi untuk memadamkan api.

pasar gembrong jakarta

Arus lalu lintas sempat macet Pada saat kebakaran, arus lalu lintas di kawasan Pasar Gembrong dari arah Duren Sawit dan Kampung Melayu sempat terputus. Sebab, jalanan di penuhi oleh warga dan mobil-mobil kebakaran.

Kerugian mencapai Rp 1,5 miliar. Di kutip dari salah satu media ternama, Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur. Gatot Sulaiman menyebut total kerugian di taksir Rp 1,5 miliar.

Baca Juga: Daftar Harga Dan Spesifikasi HP Nokia Terbaru 2022

Kebakaran menyebabkan total 400 bangunan di enam rukun tangga (RT) di alap api. “Total 400 rumah dan bangunan terbakar,” kata Gatot, Senin (25/4/2022).

Gatot menerangkan total kerugian akibat insiden kebakaran itu ditaksir senilai Rp1,5 miliar. “Luasnya kurang lebih 1.200 meter persegi yang terbakar. Terdampak 450 keluarga atau 1.000 jiwa,” ungkapnya.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, mengenai. Penyebab Pasar Gembrong Kebakaran – Jakarta Timur. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa kunjungi langsung situs resmi kami di www.tanjunglegend.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *